Latest News

Info Fakultas dan Fasilitas UNS Surakarta

Asalamualaikum.Wr.Wb KAli ini gue mau post tentang Kampus UNS Surakarta yang bagus ne kawan, dulunya sih gue berminpi dan berangan angan mau masuk kampus ini tetapi karena keadaan dan keterbatasan gue sampai saat ini belum bisa menyentuh dan duduk di kampus UNS Surakarta ini.hehe

Langsung saja gue kasih info tentang Fakultas dan Fasilitas KampusUniversitas Sebelas Maret Surakarta :
Guna menunjang iklim akademik bagi seluruh sivitas akademika, UNS menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan diantaranya:

FASILITAS TEKNOLOGI INFORMASI

Sebagai konsekuensi perkembangan Teknologi Informasi, UNS  berkomitmen untuk membangun fasilitas yang berbasis Teknologi Informasi untuk civitas akademika UNS. Fasilitas yang sudah dikembangkan adalah  jaringan Internet baik di tingkat Universitas maupun di tiap-tiap  fakultas. Melalui UPT. PUSKOM, UNS juga menyediakan fasilitas web  hosting untuk setiap fakultas dan program studi yang berniat membangun  website serta menjadi subdomain dari www.uns.ac.id. Email sebagai sarana  berkomunikasi didunia maya juga disediakan secara gratis bagi seluruh  civitas akademika UNS. Hal ini menjadi concern bagi UNS, mengingat jumlah  pengguna Email Lembaga menjadi faktor yang sangat penting terhadap  penilaian akreditasi universitas.
Disamping itu, UNS mengembangkan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yaitu sistem pendidikan yang berbasis teknologi informasi sehingga  proses registrasi mahasiswa maupun Konsultasi Rencana Studi sudah dapat  dilakukan secara online. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan  efisiensi, baik terhadap dosen maupun mahasiswa dalam hal kegiatan  akademik.
Melalui UPT. Perpustakaan, UNS juga mengembangan UNS Library  Automation yang berguna dalam pencarian referensi melalui media online,  sehingga semua koleksi dan referensi di UPT. Perpustakaan dapat dicari  melalui internet. Selain UNSLA, UPT. Perpustakaan juga melengkapi diri  dengan Digital Library yang merupakan referensi digital yang dapat  diakses melaui internet. Perbedaannya dengan UNSLA adalah; Kalau UNSLA  merupakan katalog online, jadi dia hanya berfungsi untuk melakukan pencarian koleksi di perpustakaan, sedangkan Digital Library berfungsi  sebagai database referensi digital yang keseluruhan informasi dari  sebuah karya ilmiah dapat diakses dari sini.
Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP UNS) mengembangkan aktifitas pendidikan online, atau lebih dikenal dengan  E-Learning. Dalam forum digital ini, mahasiswa maupun dosen dapat  melakukan aktifitas akademik, baik dalam bentuk konsultasi maupun  pemberian tugas-tugas akademik. Dengan adanya E-Learning ini, jarak dan  waktu bukan lagi menjadi masalah bagi aktifitas akademik civitas UNS.
Fasilitas TI lainnya yang dikembangkan UNS adalah hot spot dan SAT. Hot spot adalah area  berselancar internet menggunakan teknologi wifi yang dapat dimanfaatkan diberbagai titik yang telah dibangun untuk dapat dimanfaatkan para  civitas akademika yang memiliki notebook. Untuk mengantisipasi civitas  akademika yang tidak memiliki notebook, UNS telah menyediakan Self  Access Terminal (SAT), yaitu tempat melakukan aktifitas berinternet dengan  menggunaka PC Desktop. Karena jumlah PC yang masih terbatas, maka untuk  memanfaatkan fasilitas tersebut, civitas UNS dipungut biaya yang sangat murah untuk menghindari terjadinya monopoli penggunaan PC Desktop.  Selain untuk berinternet, SAT juga diperuntukkan bagi mereka yang  berkeinginan mengembangkan kemampuannya dalam bidang ICT.

FASILITAS KESEHATAN

Sebagai bentuk perhatiah UNS pada kesehatan, UNS  mendirikan sebuah fasilitas kesehatan dengan nama Medical Centre.  Selain bertugas melayani civitas UNS, Medical Centre juga melayani  pemeriksaan kesehatan dari warga sekitar UNS sebagai salah satu wujud  Pengabdian Pada Mayarakat. Terdiri dari 4 divisi yaitu; Kesehatan Umum,  Gigi, THT, dan Mata, UNS Medical Centre didukung oleh dokter-dokter dan  tenaga medis yang profesional yang sekaligus staf pengajar di Fakultas  Kedokteran UNS. Selain sebagai pusat pelayanan kesehatan, UNS-MC juga  berfungsi sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar bagi  mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran dan mahasiswa S2 Kedokteran Keluarga.
UNS-MC  diresmikan bertepatan dengan acara Dies Natalis UNS ke-26 pada tanggal  9 Maret 2002. Penyelenggaraan UNS-MC ditunjang dengan peralatan bantuan  dari Depkes senilai Rp.400 juta sebagai bagian dari seluruh bantuan  yang akan diberikan sebesar Rp.1,2 milyar.

Latar Belakang Pendirian
•    Universitas  Sebelas Maret merupakan institusi pendidikan tinggi yang mempunyai  sivitas akademika dalam skala besar. Sebagian besar mahasiswa berasal  dari luar daerah Surakarta yang sudah barang tentu harus tinggal jauh  dari keluarga, sehingga harus mengatur segala kegiatan untuk dikerjakan  sendiri.
•    Universitas  Sebelas Maret membutuhkan sarana, prasarana dan fasilitas penunjang di  bidang kesehatan untuk mendukung kegiatan akademisnya, baik untuk  tenaga dosen, karyawan, dan terutama seluruh mahasiswa. Poliklinik yang  ada selama ini dinilai tidak memadai memenuhi kebutuhan itu.
•    Program  Magister Kedokteran Keluarga Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas  Maret mendapatkan bantuan sarana medik dari Departemen Kesehatan untuk  mengembangkan model klinik pelayanan Kedokteran Keluarga, yang  memberikan pelayanan kesehatan komprehensif, berkualitas, efektif,  efisien dan humanis, didukung sistem pembiayaan kesehatan yang  menggunakan konsep asuransi kesehatan/Jaminan Pemeliharaan Kesehatan  Masyarakat (JPKM). Selain itu, UNS-MC juga akan dimanfaatkan sebagai  penunjang kegiatan belajar mengajar untuk tempat praktikum bagi  mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran dan mahasiswa S2 Kedokteran Keluarga.
•    Universitas terkemuka lainnya telah memiliki dan mengembangkan medical centre.
Peserta
•    Mahasiswa.
•    Karyawan.
•    Dosen.
•    Masyarakat sekitar   kampus.
Jenis Pelayanan Kesehatan
•    Pelayanan kesehatan primer di klinik UNS-MC di dalam kampus;
•    Pelayanan kesehatan sekunder meliputi   pelayanan konsultasi spesialis, rawat inap, pelayanan gawat darurat.
Sistem pembiayaan
Berasal dari berbagai   sumber, namun pilar utama adalah asuransi kesehatan wajib dan PT.Askes,   sebagai berikut:
•    Sistem asuransi wajib mahasiswa UNS untuk membiayai pelayanan kesehatan;
•    PT. Askes untuk membiayai pelayanan kesehatan dosen dan karyawan UNS;
•    Asuransi sukarela dan/atau kepesertaan Dana Kasih bagi mahasiswa UNS Medical Centre (UNS-MC)
•    Sistem pembiayaan kesehatan yang menggunakan konsep asuransi kesehatan/Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM).

FASILITAS KEMAHASISWAAN

Fasilitas yang dapat dikategorikan fasilitas kemahasiswaan antara  lain adalah sarana olahraga dan kesenian, Asrama Mahasiswa, serta  Sekretariat UKM. Dalam hal sarana olahraga dan kesenian, UNS memiliki  Stadion Sepakbola dengan standar nasional dengan fasilitas penunjang  seperti tribun, ruang ganti pemain, serta lintasan atletik yang  memenuhi syarat untuk kegiatan pembinaan atlet maupun sarana  pembelajaran bidang keolahragaan. Gelanggang Olah Raga Tertutup juga  menjadi fasilitas olahraga yang dapat dipergunakan civitas UNS, untuk  beragam kegiatan olah raga indoor, seperti, bola voli, bulu tangkis,  bola basket, serta futsal. Selain itu UNS memiliki Student Center yang  dapat difungsikan sebagai tepat kegiatan akademik seperti seminar,  workshop, ataupun pertemuan dengan skala peserta yang besar maupun  melaksanakan kegiatan keolahragaan seperti Tae Kwon Do, Jiu Jit Su,  Karate, Pencak Silat, dll. UNS juga memiliki lapangan tenis di 2  tempat, yaitu di UNS Kentingan dan di Jurusan Pendidikan Olah Raga  Kesehatan di Manahan. Selain ditingkat Universitas, sarana olahraga  juga tersebar disetiap fakultas seperti lapangan basket, bola voli,  serta bulutangkis. Untuk gedung pertemuan, secara khusus UNS memiliki  Auditorium dengan fasilitas yang lebih dari memenuhi syarat untuk  kegiatan baik akademik maupun kegiatan entertaintment seperti pentas  seni ataupun konser musik. Perlengkapan Karawitan, perlengkapan musik  modern, serta marching band juga enjadi sarana kegiatan mahasiswa dalam  mengekspresikan diri dalam bidang kesenian dan kreatifitas.
Sebagai  bentuk komitmen UNS dalam memberikan jaminan kebebasan berorganisasi  dan berserikat kepada mahasiswa, UNS membangun gedung sebagai  sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa baik untuk tingkat Universitas  maupun di tiap-tiap fakultas. Selain itu untuk memberikan kemudahan  bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah, UNS menyediakan Asrama  Mahasiswa dengan fasilitas hunian yang lengkap dan nyaman bagi  mahasiswa. Asrama Mahasiswa dapat dihuni oleh mahasiswa dengan biaya  yang sangat murah untuk membantu meringankan beban mahasiswa dalam hal  keuangan. Bus Kampus, merupakan fasilitas lainnya yang dapat  dipergunakan dalam kegiatan kemahasiswaan, baik didalam maupun diluar  kampus dengan perijinan yang telah ditetapkan oleh lembaga.

FASILITAS IBADAH

Dalam hal sarana ibadah UNS memiliki Masjid Nurul Huda UNS. Merupakan  satu-satunya masjid terbesar yang berada di lingkungan kampus  Universitas Sebelas Maret Surakarta. Universitas Sebelas Maret  Surakarta mempunyai 4 (empat) masjid yang tersebar di 4 (empat) lokal  kampus UNS, yaitu lokal Kentingan, Manahan, Kleco, dan Pabelan. Masjid  Nurul Huda UNS terletak di kampus UNS lokal Kentingan. Kampus UNS lokal  Kentingan merupakan pusat dari segala aktivitas UNS. Karena terletak di  pusat aktivitas UNS, maka masjid Nurul Huda merupakan bagian yang tak  terpisahkan dari berbagai aktivitas yang dilakukan di kampus UNS. Sejak  diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 Oktober 1982. Masjid Nurul  Huda mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan  dakwah Islam di UNS. Karena selain berfungsi sebagai sarana ibadah  (sholat), masjid Nurul Huda juga berfungsi sebagai sarana untuk  menanamkan nilai-nilai Islam kepada civitas muslim UNS, khususnya  mahasiswa muslim. Kemudian untuk umat Kristiani, UNS memiliki sebuah  gereja, untuk umat Hindu ada Pura, serta 1 buah Vihara untuk pemeluk  agama Budha.


Fakultas dari UNS SURAKARTA
JENJANG S-1
1.    Fakultas Sastra dan Seni Rupa,
program studi:
1) Sastra Indonesia;
2) Sastra Daerah untuk Sastra Jawa;
3) Sastra Inggris *);
4) Ilmu Sejarah;
5) Seni Rupa Murni;
6) Desain Komunikasi Visual;
7) Desain Interior;
8) Kriya Seni;
9) Sastra Arab
2.    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
program studi:
1) P. Fisika **);
2) P. Kimia **);
3) P. Biologi **);
4) P. Matematika **);
5) P. Teknik Bangunan;
6) P. Teknik Mesin;
7) P. Sejarah;
8) P. Geografi;
9) P. Pancasila dan KewarganegaƂ¬raan;
10) P. Luar Biasa;
11) P. Jaskes *);
12) P. Kepelatihan Olahraga;
13) P. Ekonomi;
14) P. Bhs. Sastra Indonesia dan Daerah;
15) P. Bhs. Inggris **);
16) P. Seni Rupa;
17) P. Sosiologi-Antropologi;
18) PGSD *);
19) Bimbingan dan Konseling;
20) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) *)
21) Pendidikan Bahasa Jawa
3.    Fakultas Hukum, program studi: Ilmu Hukum
4.    Fakultas Ekonomi,
program studi:
1) Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan *);
2) Manajemen *);
3) Akuntansi *)
5.    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
program studi:
1. Ilmu Komunikasi *);
2) Sosiologi;
3) Ilmu Adm. Negara *)
6.    Fakultas Kedokteran,
program studi:
1) Pendidikan Dokter;
2) Psikologi
7.    Fakultas Pertanian,
program studi:
1) Agroteknologi *);
2) Agribisnis *);
3) Peternakan;
4) Ilmu dan Teknologi Pangan *)
8.    Fakultas Teknik,
program studi:
1) Teknik Sipil *);
2) Arsitektur ;
3) Teknik Industri *)
4) Teknik Mesin *);
5) Teknik Kimia;
6) Perencanaan Wilayah dan Kota
9.    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
program studi:
1) Matematika;
2) Kimia;
3) Biologi;
4) Fisika;
5) Teknik Informatika.
Keterangan:
*)   Program Studi ini juga membuka program SPMB Transfer S-1.
**)  Program Studi ini juga dibuka minat Pendidikan Guru Sekolah Bertaraf
       Internasional (SBI) melalui jalur SPMB Swadana.
JENJANG S-0
1.    Program D-4:
Fakultas Kedokteran, program studi: 1).Kebidanan (dari D-3 Kebidanan); 2).Kesehatan Kerja
2.    Program D-3:
Fakultas Sastra dan Seni Rupa, program studi: 
1).Bahasa Inggris; 2).Usaha Perjalanan Wisata; 3).Desain Komunikasi Visual; 4).Bahasa Cina.

Fakultas Ekonomi, program studi: 
1).Akuntansi; 2).Perpajakan; 3).Manajemen Pemasaran; 4).Manajemen Industri; 5).Bisnis Internasional; 6).Keuangan dan Perbankan.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, program studi: 
1).Komunikasi Terapan, konsentrasi: a).Periklanan; b).Penyiaran; c).Humas; 2).Manajemen Administrasi; 3).Perpustakaan.

Fakultas Kedokteran, program studi: 
1 ).Hiperkes dan Keselamatan Kerja; 2).D-3 Kebidanan (dari SMA)

Fakultas Pertanian, program studi: 
1).Teknologi Hasil Pertanian; 2).Agribisnis, konsentrasi: a.Holtikultura, b.Peternakan; c. Agrofarmaka.

Fakultas Teknik, program studi: 
1).Teknik Sipil, konsentrasi: a).Teknik Sipil Transportasi; b).Teknik Sipil Gedung; c).Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan, 2).Teknik Kimia; 3).Teknik Mesin, konsentrasi: a).Teknik Mesin Produksi; b).Teknik Mesin Otomotif.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, program studi: 
1).Teknik Informatika; 2).Farmasi

SEMOGA BERMANFAAT
JANGAN LUPA KLIK LIKE YEA KAWAN..HEHE