Latest News

Penyebaran Virus di Tahun 2011 dan Bagaimana di 2012 ?

Penyebaran Virus di Tahun 2011 - hay para sobat blogger dimana pun berada saya akan share tentang penyebaran virus di tahun 2011. Ternyata di tahun 2011 bukan hanya bencana alam, dan kejadian-kejadian di tahun 2011 yang menggegerkan dunia ini, ternyata penyebaran virus pun makin meraja lela di tahun 2011 ini.

Penyebaran virus di tahun 2011 ternyata berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, tidak hanya melalui USB flash disk atau Hardisk eksternal yang sering lepas-pasang pada komputer kita.

Bahkan saat ini dengan datangnya perkembangan android dan Blackberry yang makin pesat di tahun 2011. dan virus yang berkembang ini memberikan warna baru pada perkembangan dunia maya saat ini.

Mac yang selama ini di klaim sebagai OS paling kuat dari serangan viruspun mulai masuk dalam daftar incaran virus. 

Hal ini membuktikan bahwa tidak ada OS yang kebal dari serangan virus, karena semakin poluper dan semakin banyak OS tersebut di gunakan maka semakin rentan terhadap serangan virus.


Secara umum trend penyebaran Malware di tahun 2011 di bagi menjadi 4 (empat) jenis, yakni:

Virus injection 

Virus yang didesain secara khusus untuk menginjeksi file yang telah ditentukan, biasanya berupa file yang sering digunakan seperti file yang mempunyai ekstensi EXE. 

Metode ini digunakan sebagai bentuk pertahanan diri agar bisa berumur panjang dan sulit dibasmi. Di tahun 2011 terdapat beberapa virus yang  mempunyai kemampuan untuk menginjeksi file seperti Sality/Virut atau Ramnit. 

Khusus untuk virus Ramnit selain menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE juga akan menginjeksi file dengan ekstensi DLL, HTM dan HTML hal inilah yang menjadikan Ramnit menjadi jawara selama semester pertama sebagai virus yang paling banyak menyebar.

Scareware 

Rouge antivirus/fake antivirus/antivirus palsu, adalah malware yang menyamarkan dirinya sebagai program keamanan seperti antivirus. Scareware dirancang untuk menakut-nakuti user dengan menampilkan peringatan palsu yang menginformasikan bahwa komputer terinfeksi program berbahaya. 

Untuk kasus tertentu akan menyebabkan user tidak dapat menjalankan aplikasi. Scareware/antivirus palsu biasanya bersifat trial sehingga untuk mendapatkan versi Full, user harus melakukan registrasi dengan mengirimkan sejumlah uang ke alamat yang sudah ditentukan.

Phishing 

Virus FaceBook, Maraknya penguna facebook saat ini menjadi salah satu faktor meningkatnya serangan phishing di tahun 2011. Phishing dirancang secara khusus untuk mengalihkan user untuk mengakases ke website yang telah ditentukan. 

Website tersebut mempunyai tampilan yang sama persis dengan website aslinya dengan tujuan untuk mencuri informasi penting seperti username dan password dan data penting lain nya termasuk data email.

Virus Android

Pertumbuhan Android yang luarbiasa dan ditunjukkan dengan semakin banyaknya pengguna Android ditahun 2011 semakin “memotivasi” para kriminal untuk membuat virus dan  menjadi “ladang” baru setelah sebelumnya menyerang system operasi Microsoft. 

Dengan diawali kemunculan virus yang memanfaatkan program Angry Bird dan masih, hal ini membuktikan Android saat ini bukanlan OS yang aman lagi. 

Macintosh yang selama ini sering mengklaim diri sebagai OS yang kebal dari serangan viruspun mulai menjadi sasaran serangan virus yang muncul di semester pertama yang menyamarkan dirinya sebagai software keamanan Macintosh dengan nama “MacSecurity”.

Kesimpulan

Jadi kita harus hati hati nee sobat apa lagi yang sering lepas cabut Flashdisk dan hardisk eksternal. jika sudah kena virus ini kan tidak hanya biaya, waktu pun akan terbuang dengan sia sia. Semoga pada tahun 2012 ini virus tidak lagi merajalela dan bisa di hentikan. dan piranti anti virus bisa lebih ditingkatkan lagi.

Maju terus Kemajuan teknologi di tahun 2012.