Latest News

Windows 8 Consumer Preview

 Windows 8

Saat meluncurkan Windows 8 Consumer Preview, Kepala Divisi Windows dari Microsoft, Steven Sinofsky mengatakan, Windows 8 adalah sistem operasi terbaik yang bahkan lebih baik dari Windows 7.

Windows 7 merupakan sistem operasi Microsoft yang memiliki rekor penjualan paling cepat, terjual sebanyak 525 juta unit dalam waktu kurang dari tiga tahun.  Namun, Microsoft sadar telah ketinggalan di perlombaan komputasi mobile dari Apple, Google, dan Amazon.com. Windows 8 menjadi jawaban Microsoft dalam mengejar ketertinggalan tersebut.
Microsoft telah merilis Windows 8 Consumer Preview pada 29 Februari 2012, memanfaatkan perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol. Hanya dalam waktu sehari, versi Consumer Preview telah diunduh sebanyak 1 juta kali.

Windows 8 Consumer Preview atau dapat kita sebut sebagai Windows 8 versi beta ini dapat digunakan oleh publik secara gratis sampai versi finalnya tersedia. Namun, karena sifatnya masih uji coba, Microsoft tidak menjamin semua program atau proses komputasi dapat berjalan dengan baik.

Untuk menggunakannya, silakan download lebih dahulu file installer dari halaman ini, http://preview.windows.com/.

Microsoft sebelumnya telah merilis Windows 8 versi Developer Preview pada akhir tahun 2011 lalu dan telah di-download lebih dari tiga juta kali.
Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini, memang membuat banyak orang penasaran karena banyak terjadi perubahan di dalamnya, terutama dari sisi tampilan berpetak-petak yang disebut antarmuka Metro. Tak heran jika Windows 8 mendapat sambutan baik.

Microsoft menyebut Windows 8 sebagai rancang ulang yang paling signifikan dari antarmuka Windows, sejak mereka menghadirkan Windows 95. Titik berat dari desain baru Windows 8 adalah pada antarmuka "Metro style" yang mengacu pada antarmuka yang digunakan di platform Windows Phone saat ini.

Untuk pertama kalinya, tombol kenamaan Windows, "Start" tidak digunakan lagi dan akan digantikan oleh menu panel berbasis geser (sliding panel-based menu). Di Windows 8 ini, Microsoft berusaha menggabungkan tampilan dan pengalaman dari penggunaan smartphone, tablet, dan komputer desktop. Sangat canggih bukan.

Pengguna Windows 8 nantinya akan banyak menggunakan metode geser (sliding) untuk mengakses menu atau aplikasi. Meski demikian, Microsoft akan masih menggunakan layout Windows tradisional (dengan menggabungkan dengan metode sliding) demi kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi, seperti Word dan Excel.
Microsoft menjanjikan, Windows 8 akan dirilis akhir tahun 2012 ini, dan sedang dikembangkan untuk perangkat tablet dan smartphone.

Windows Store

Untuk pertama kalinya, Windows 8 akan dilengkapi toko aplikasi "Windows Store" yang menyediakan beragam pilihan aplikasi. Di Windows Store, pengguna dapat men-download dan mencoba aplikasi serta mendapatkan akses ke penyimpanan awan (cloud storage) dengan kemampuan untuk memindahkan konten di berbagai perangkat termasuk ponsel Windows Phone.

Windows Store memiliki berbagai aplikasi dan game, salah satu yang telah dikenal adalah Cut the Rope. Pengguna perlu untuk login dengan account Microsoft untuk men-download aplikasi, yang semuanya gratis selama masa uji coba ini. Windows 8 Consumer Preview juga menyertakan versi beta dari browser Microsoft terbaru, Internet Explorer 10. Dalam Windows 8 telah terdapat aplikasi email, kalender dan messaging, tetapi tidak ada penampakan program Office.