Latest News

PERBEDAAN : KINDLE FIRE DENGAN IPAD

PERBEDAAN : KINDLE FIRE DENGAN IPAD - Hay para sobat blogger Kertas Kecil Kita khusunya bagi pecinta Tablet, nah sobat kita pastinya sudah tau dengan Tablet iPad produk dari Apple Inc. Kini Amazon baru saja meluncurkan komputer tablet Kindle Fire. yaitu Tablet berukuran 7 Inch berbeda dengan iPad keluaran pertama dari Apple Inc yang ukurannya lebih besar yaitu 9.7 inch. Diperkirakan Kindle Fire ini akan menjadi pesaing iPad yang saat ini masih menguasai pasar tablet.


Kindle Fire ini memiliki banyak perbedaan dengan iPad pada umumnya, baik dalam tampilan atau fitur-fitur lain yang dimiliki iPad. tidak hanya itu sobat harga Kndle Fire jauh lebih murah dibanding iPad dan dengan harga yang murah ini Kindle Fire diprediksi akan laku dipasaran. selain itu, konten dari Amazon juga menjadi menjadi nilai lebih dari tabllet Kindle Fire ini.


Nah para sobat bagaimana perbandingan Kindle Fire ini dengan iPad? berikut sekilas pemaparannya.




HARGA
Harga iPad yang jauh lebih mahal menjadikan Kindle Fire seperti benda bernilai yang dijual murah. Situs Amazon.com menyebut harga Kindle Fire hanya Us$199 atau sekitar Rp1,8 juta. Harga ini lebih murah US$300 atau sekitar Rp2,7 juta.


Harga iPad kini bermula dari harga senilai US$499 (sekitar Rp4,5 juta) hingga US$829 (sekitar Rp7,5 juta), tergantung dari kapasitas penyimpanan dan kapabilitas 3G.


Harga Kindle Fire ini dianggap sesuai untuk orang tua yang ingin membelikan tablet untuk anak-anaknya, namun tak mau mengeluarkan banyak uang untuk iPad. Namun, harga tentu bukan sekedar pertimbangan utama, karena kini banyak tablet lain yang juga dijual lebih murah dari iPad.


UKURAN LAYAR
Perbedaan ini jelas terlihat, karena Kindle Fire hanya memiliki layar touchscreen berukuran 7 inch. Coba bandingkan dengan iPad yang memiliki ukuran layar 9,7 inch.


Ukuran layar juga yang membuat Amazon merasa layak untuk menjual tablet ini dengan harga murah. Tablet Amazon ini juga memiliki berat dua kali lipat lebih ringan dari iPad. Berat dan ukuran ini menjadikan Kindle Fire lebih praktis untuk dibawa.


Namun, ukuran layar kecil dianggap menjadi masalah bagi beberapa pengguna tablet. Karena banyak yang tidak bisa menikmati menonton film dan bermain game di layar ukuran 7 inch.


FITUR DAN SPESIFIKASI
Fitur Kindle Fire dianggap sesuai dengan harganya. Tidak ada kamera, sehingga Kindle Fire tidak bisa digunakan untuk melakukan video chat.


Fire juga tidak memiliki mikrofon dan voice recording. Ini menyebabkan fitur audio call via Skype tidak bisa dilakukan dengan menggunakan Kindle Fire.


Kindle Fire juga hanya menggunakan wi-fi. Jadi tanpa wi-fi, jangan harap Anda bisabrowsing dan mengunduh konten dari Amazon. Karena itulah iPad yang menggunakan 3G dinilai memiliki keuntungan daripada Kindle Fire.
Dari kapasitas penyimpanan, Kindle Fire hanya memiliki kapasitas 8GB, bandingkan dengan iPad yang minimal berkapasitas 16GB. Lemahnya fitur penyimpanan menjadikan penggunanya akan mengandalkan fitur komputasi-awan (cloud) gratis dengan menggunakan server Amazon.


Sedangkan untuk daya tahan baterai, Kindle Fire hanya bertahan hingga 8 jam. Bandingkan dengan iPad2 yang bisa bertahan hingga 10 jam.


APPS
Kindle Fire memiliki sistem operasi Android. Ini menjadikannya bisa mengakses lebih dari 250 ribu apps yang tersedia di Android Market. Sedangkan iPad bisa mengakses lebih dari 425 ribu apps yang ada di AppStore.


Tapi, tentu saja Amazon akan mengoptimalkan konten yang dimilikinya. Amazon juga menggratiskan untuk streaming video, ebook, dan konten lain di Amazon Prime, selama 30 hari ke depan.


Karena itulah interface di Kindle Fire berbeda dengan tablet lain yang menggunakan Android. Kindle Fire memiliki interface seperti 'rak' digital, yang memperlihatkan sejumlah konten Amazon yang bisa digunakan. Setidaknya, Amazon menyediakan 11.000 film dan pertunjukan televisi yang bisa di-streaming melalui Kindle Fire.


Saat memperkenalkan Kindle Fire, CEO Amazon Jeff Bezos pun dengan bangga memperlihatkan sejumlah konten video, musik, ebook, dan game yang bisa diunduh dari Kindle Fire.


KESIMPULAN
Kehadiran Kindle Fire tentu memberikan alternatif baru bagi pengguna tablet, yang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Konten Amazon yang kaya dengan film, ebook, juga game, menjadikan Kindle Fire bisa menjadi pilihan.


Dengan harganya yang murah, mungkin wajar jika Kindle Fire memiliki sejumlah kekurangan, terutama dalam fiturnya. Tentu ini juga menjadikan pertimbangan utama bagi calon penggunanya.


Selain itu, belum diketahui apakah Kindle Fire akan dijual secara bebas di Indonesia. Selama ini, untuk memiliki Kindle misalnya, pembeli di Indonesia baru bisa membelinya melalui situs Amazon atau menitip kepada teman yang pergi ke luar negeri. Kindle pun terbilang tidak user-friendly, karena masih banyak yang belum terbiasa untuk menggunakan Kindle atau mengunduh sejumlah kontennya dari Amazon. 

CNN,Mashable, Reuters, Guardian